Selasa, 13 September 2016

resep sale pisang

 PENDAHULUAN Buah-buahan adalah bahan pangan sumber vitamin. Terkecuali buahnya yang dikonsumsi berbentuk fresh, daunnya pula bisa digunakan kepada beragam kepentingan. Umpamanya daun pisang kepada makanan ternak, daun pepaya kepada mengempukkan daging serta memperlancar air susu ibu (ASI) terlebih daun pepaya jantan.

Bahan selengkapnya di --->>  Resep Membuat Sale Pisang

Resep Membuat Sale Pisang Nikmat Sederhana dan Mudah


Warna buah cepat sekali beralih dengan dampak fisika umpamanya cahaya matahari serta pemotongan, dan dampak biologis (jamur) maka gampang jadi busuk. Dengan sebab itu pemrosesan buah kepada perpanjang saat simpannya begitu utama. Buah bisa di proses jadi beragam bentuk minuman misal anggur, sari buah serta sirup pula makanan lain misal manisan, dodol, keripik, serta sale.
Pisang bisa dibagi jadi dua kelompok, yakni :

Pisang yang dikonsumsi berbentuk fresh, umpamanya : pisang ambon, raja sere, raja bulu, susu, seribu, serta emas.
Pisang yang dikonsumsi sesudah di proses terlebih dulu, umpamanya : pisang kepok, nangka, raja siam, raja bandung, kapas, rotan, gajah, serta tanduk.

Pisang banyak terkandung protein yang kandungannya unggul tetras dari pada buah-buahan yang lain, tetapi buah pisang gampang busuk. Kepada menghindar pembusukan bisa dikerjakan pengawetan, umpamanya berbentuk keripik, dodol, sale, anggur, serta lain-lain. Sale pisang adalah perangkat pisang yang di buat oleh sistem pengeringan serta pengasapan. Sale di kenal memiliki rasa serta aroma yang khas.
Sifat-sifat utama yang begitu memastikan mutu sale pisang merupakan warna, rasa, bau, kekenyalan, serta ketahanan simpannya. Karakter itu banyak di pengaruhi dengan langkah pemrosesan, pengepakan, dan penyimpanan produknya. Sale yang di buat sampai kini kerapkali kualitasnya belum elegan terlebih apabila di buat selanjutnya saat musim hujan. Apabila di buat selanjutnya musim hujan butuh dikeringkan oleh pengeringan bikinan (oleh system tungju).
Terdapat 3 (tiga) cara membuat sale pisang, yakni :
CARA PEMBUATAN SALE PISANG CARA TRADISIONAL
(oleh memakai asap kayu)

Kupas pisang yang sudah tua serta masak sebelumnya kerok sedikit sektor luarnya supaya bersih ;
Tempatkan pisang diatas tampah sebelumnya asapkan oleh memakai asap kayu bakar sepanjang 2 jam ;
Jemur pisang diatas rack penjemuran yang beralaskan merang sepanjang 4~5 hari. Sembari dijemur setiap saat pisang dipipihkan (dipres) oleh kayu bundar atau bambu ;
Bungkus sale pisang yang sudah dijemur oleh daun pisang kering. Masukan kedalam plastik sebelumnya tutup oleh lilin.

DIAGRAM ALIR PEMBUATAN SALE PISANG CARA TRADISIONAL
Catatan :

Sale pisang yang dihasilkan cuma meraih 25 persen atau seperempat sektor besutan bobot pisang utuh (tetap terdapat kulitnya). Type pisang yang kerap di buat sale merupakan : pisang ambon, Kepada keripik pisang manis bisa ditambahkan gula pasir halus selanjutnya keripik yang telah digoreng.
Pemberian rasa pedas bisa dikerjakan berbarengan oleh pemberian gula halus.

DAFTAR PUSTAKA Tri Radiyati, et. Al. Kerupuk keripik. Subang : BPTTG Puslitbang Fisika Terapan-LIPI, 1990. Hal. 15-20.
KONTAK HUBUNGAN Pusat Berita Perempuan dalam Pembangunan, PDII, LIPI, Jl. Jend. Gatot Subroto 10 Jakarta 12910.
Sumber : Tri Margono, Detty Suryati, Sri Hartinah, Buku Tips Kecanggihan Pangan, Pusat Berita Perempuan dalam Pembangunan PDII-LIPI bekerja bersama oleh Swiss Development Cooperation, 1993.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar