Kamis, 15 September 2016

cara membuat nasi grombyang

Nasi grombyang merupakan semacam nasi campur yang disebut makanan khas besutan orang-orang Pemalang, Jawa Tengah. Nama makanan ini berasal besutan bentuk penyajiannya, yakni dari isi serta kuah unggul banyak kuahnya maka terlihat bergoyang-goyang (bhs jawa : grombyang-grombyang, berarti "bergoyang-goyang").

Ramuan nasi grombyang terdiri besutan nasi, irisan daging kerbau serta kuah, dihidangkan dalam mangkok kecil serta disempurnakan oleh sate kerbau. Ciri khas yang lain besutan nasi grombyang terdapat selanjutnya tempat jualannya yang berbentuk kuali besar, tempat nasi ditutupi oleh kain merah, diserta penerangan remang-remang lampu teplok. Konsumen nikmati hidangan oleh duduk di kursi kecil pendek (dingklik).

Bahan-bahan selengkapnya baca di --->>  Cara Membuat Nasi Grombyang

2013-04-19 15.36.34

Tak di ketahui oleh tentu kapan makanan khas ini berawal di ciptakan. Tetapi berdasarkan pembicaraan beberapa orangtua di Pemalang, makanan khas nasi grombyang telah terdapat mulai sejak th. 1960-an. Selanjutnya saat itu penjual nasi grombyang jual dagangannya dengan cara tak menetap, namun berkeliling kampung. Penjual nasi grombyang yang populer dari lain H. Warso di Jl. R. E. Martadinata di dekat alun-alun, dan H. Waridin di Sirandu dekat sisa terminal lama Pemalang.
Kalian yang pernah ke Pemalang tentu tahu masakan yang satu ini, grombyang. Ya, grombyang merupakan makanan khas Pemalang yang paling populer. Serta grombyang Pemalang jadi makin mengagumkan sebab tak bisa diketemukan di manapun terkecuali di Pemalang, serta kantin Bu Gogoth.

Bukanlah itu saja kelebihan grombyang Pemalang. Konon, grombyang akan merasa unggul nikmat apa bila dimasak dengan orang Pemalang sendiri. Meskipun tahu resep rahasia Haji Warso yang grombyangnya populer paling enak meskipun, bila bukanlah orang Pemalang yang memasak rasa-rasanya bakal lain. Benar atau tak? Mengapa tak dibuktikan sendiri sebab Bu Gogoth mendatangkan resepnya kepada Kalian disini. Selamat coba.
Langkah Menjadikan :

Rebus daging, iga sapi, air, serai, serta daun salam hingga empuk. Angkat. Ukur 2000 ml air kaldunya. Potong-potong daging serta iga sapi. Didihkan sekali lagi.
Panasi minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Tuangkan rebusan daging. Masukan garam serta gula merah. Masak hingga masak. Berikan daun bawang. Aduk rata.
Sambal cabai rawit : rebus cabai rawit merah serta bawang putih hingga layu. Angkat serta tiriskan. Berikan garam. Haluskan.
Hidangkan oleh cabai sambal cabai rawit serta taburan bawang merah goreng.

Resep ini kepada 6 jumlah.

Selamat nikmati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar